Saturday 15 March 2014

Reproduksi lumut dan hubungannya dengan perilaku laki laki terhadap wanita

Saya bukanlah seorang penulis yang handal yang memiliki kata kata yang dapat menyihir seorang pembaca ketika membaca tulisan tersebut. Karya ini saya tulis ketika saya selesai memprogramkan mata kuliah botani tumbuhan rendah , pokok materi “ Lumut”. Dimana lumut merupakan tumbuhan tingkat rendah yang bersifat thallus yang tidak bias dibedakan antara akar,batang dan daun. Akan tetapi walaupun dia bersifat thallus dan berukuran kecil, tapi tahukah kita bahwa lumut merupakan tumbuhan yang dapat digunakan sebagai indikator pencemaran udara karena ia tidak akan tumbuh pada tempat yang berpolusi. Demikian mungkin ilmu yang saya dapatkan dari penjelasan dosen saya Ibu Syamsiah.
Mungkin sobat bertanya apa hubungannya lumut dengan perilaku seorang laki-laki ? jawabannya pasti ada. Bukankah Allah pernah mengatakan bahwa Jika engkau ingin mengetahui kebesaranKu maka jangan pikirkan tentang DzatKU tapi perhatikanlah tanda tanda kebesaranKu pada apa yang telah ku ciptakan dipermukaan bumi ini.
Reproduksi, siapa yang tidak tahu istilah tersebut, apalagi kalau ngaku mahasiswa jurusan biologi, pastilah dia tahu. Reproduksi merupakan salah satu ciri sebuah objek dikatakan makhluk yang bersifat hidup. Tentunys termasul lumut. Tapi tahukah Anda ? bahwa ada yang menarik dan unik dari reproduksi dari lumut dimana fase dominan dalam pergiliran keturunannya adalah gametofit. Anda mungkin baru kenal yang namanya Gerakan Kemotaksis. Gerakan kemotaksis adalah gerakan yang disebabkan oleh rangsangan zat kimia, dan mekanisme pergerakan sperma menuju ovum. Sperma akan bergerak menuju ovum ketika ovum mengeluarkan zat kimia berupa gradien Glukosa akibat pemasakan ovum. Yah, anda tahu bahwa sperma tidak akan bergerak/terangsang menuju ovum jikalau saja tidak ada rangsangan dari zat kimia hasil ovum. Lalu apa hubungannya dengan perilaku seorang laki laki.
Hubungannya tentu saja ada. Mungkin ada sering melihat seorang laki-laki mendekati seorang perempuan karena ada sebuah unsur ketertarikan  pada lawan jenisnya. Dalam Al-Qur’an memang dikatakan bahwa Laki-laki akan cenderung kepada wanita dan anak anak. Jadi jangan heran jika itu terjadi. Tapi tahukah anda bahwa ketertarikan laki-laki kepada perempuan dapat kita analogikan seperti gerakan kemotaksis sebuah sperma lumut  menuju ovum. Dimana seorang laki laki tidak akan mendekati seorang perempuan jikalau tidak ada suatu sinyal berupa rangsangan yang diberikan oleh perempuan. Maka dari itu Allah memerintahkan kita sebagai seorang laki-laki untuk menundukkan pandangan dan seorang perempuan diperintahkan untuk menutup auratnya agar tidak ada indikasi yang dapat menjadi rangsangan (seperti gradient glukosa yang dikeluarkan oleh ovum yang membuat sperma bergerak menuju ovum) bagi seorang laki-laki yang bukan mahran untuk mendekati dan mengganggunya. Luar biasa bukan bagaimana 

0 comments:

Post a Comment