Tuesday 25 March 2014

Lumbricus terestris

1.  
    Lumbricus terestris
a.       Morfologi
Cacing tanah (Lumbricus terresteris) memiliki bentuk tubuh simetri bilateral, panjang silindris, membulat didepan, menumpul dibagian ekornya. Cacing dewasa dapat mencapai 150 mm panjang 3 sampai 5 mm lebar. Tubuh bersegmen-segmen, warna tubuh cacing berwarna coklat gelap atau liat, permukaan atas berwarna merah sampai biru kehijau-hijauan dan dari luar aorta dorsalis kelihatan jelas permukaan bawah lebih pucat. Mulut terdapat di ujung anterior, mulut cacing tanah terletak di dalam rongga oris. System ekskrasi cacing tanah berupa nephridios pada setiap segmen terdapat sepasang.
Pada cacing terdapat clitellum yaitu satu bagian hal kelenjar yang ditebalkan dari tembok tubuh di cacing tanah dan lintah, yang mengeluarkan satu kantung lekat-lekat dimana telor adalah deposited. Ini hadir 2 sentimeter kesana-sini (0. 79 di) di belakang di depan akhir dari tubuh (di sekitar ke-14, Segmen ke-15 dan ke-16).
Satu clitellum menjadi bagian dari sistem reproduktif dari clitellates, satu bagian jenis dari annelids yang mengandung oligochaetes (cacing tanah). clitellum adalah satu tebal, seperti pelana, cincin ditemukan pada epidermis (kulit) dari cacing, biasanya dengan satu pigmen berwarna lembut. Untuk membentuk satu kokon untuk telor ini, clitellum mengeluarkan satu zalir kental. Anggota tubuh ini dipergunakan di reproduksi seksual dari beberapa annelids. clitellum menjadi nyata pada matang annelids tapi susah untuk menempatkan terlihat pada annelids lebih muda. Di lintah, ini tampak musiman. Warna ini biasanya korek api sedikit dibandingkan tersebut tubuh dari annelid. Adakalanya, segmen hidup dari cacing akan ditumpahkan dengan clitellum.
b.      Anatomi
Dinding tubuh cacing (Lumbricus terresteris) mempunyai 2 lapis otot, yaitu circulare dan longitudinal, mulut cacing terletak di dalam rongga oris. Phatynx terdapat di dalam segmen ke-4 dan ke-5, system sirkulasi cacing tanah, dengan darah yang terdiri atas bagian cair yang disebu plasma, dan sel-sel darah atau korpuskula. System ekskresi cacing tanah berupa nephridia. Pada setiap segmen tubuh terdapat sepasang, system saraf cacing tanah, terletak di sebelah dorsal pharynx di salam segmen yang ke-3 dan terdiri ganglion ceberal, yang tersusun atas 2 kelompok sel-sel saraf dengan commisura, berkas saraf ventralis dengan cabang-cabangnya. Cacing tanah tidak mempunyai mata, tetapi pada kulit  tubuhnya terdapat sel-sel saraf tertentu yang peka terhadap sinar.
Bagian mulut cacing disebut juga prostomium. Funsi dari prostomium adalah untuk makan dan menghancurkan seresah. Bagian atas cacing atau disebut sebagai peristomium adalah bagian ujung depan cacing sampai batas lambung cacing. Fungsi dari peristomium adalah untuk membuat lubang pada tanah. Bagian cacing yang menebal disebut clitellum. Clitellum adalah batas bagian depan dengan bagian belakang tubuh cacing. Fungsi dari clitellum adalah untuk memperbesar lubang tanah. Selain itu, clitellum juga berkaitan dengan pembentukan cocoon atau telur cacing. Bagian belakang cacing yang dekat dengan anus disebut periproct. Periproct berfungsi sebagai organ pembuangan cast atau kotoran. Cacing juga memiliki seta atau bulu-bulu kecil yang membantu pergerakan cacing dalam tanah.
Sistem saraf terdiri dari ganglion otak dihubungkan dengan tali saraf yang memanjang sehingga berupa tangga tali. Alat eksresi disebut nephridium. Alat pencernaan makanan sempurna mulai dari mulut, saluran pencernaan dan anus. Mulut dilengkapi gigi kitin yang berada di ujung depan sedangkan anus berada di ujung belakang. Respirasi dengan menggunakan epidermis pada seluruh permukaan tubuh dan berlangsung secara difusi. Sistem peredaran darah tertutup. Hewan ini bersifat hermafrodit dan memiliki klitelum sebagai alat kopulasi. Tempat hidup air tawar, air laut dan darat. Sebagian ada yang bersifat parasit (merugikan karena menempel pada inangnya).
c.       Reproduksi
Cacing tanah (Lumbricus terresteris) bersifat hermaprodit. Sepasang ovarium menghasilkan oval, dan terletak di dalam segmen ke-13. Kedua oviductnya juga terletak di dalam segmen ke-13 dan infudibulumnya bersilia. Oviduk tadi melalui septum yang terletak diantara segmen ke-13 dan ke-14, dan di dalam segmen ke-14 membesar membentuk kantong telur. Testis terletak di dalam suatu rongga yang dibentuk oleh dinding-dinding vesivula seminalis. Ductus spermaticus mulai dari testis bagian ujung, dan melanjutkan diri ke posterior sampai segmen ke-15, dan pada segmen ini juga ductus itu bermuara keluar.
Spermatozoa yang telah meninggalkan testis, akan masuk ke dalam vesicular seminalis dan selanjutnya tersimpan di dalamnya. Walaupun cacing tanah bersifat hermaprodit, tetapi tidak terjadi autofertilisasi. Di antara segmen-segmen 9 dan 10; 10 dan 11, terdapat receptaculum seminalis, yang merupakan tempat penampung spermatozoa dari cacing lain.
d.      Habitat
Cacing tanah (Lumbricus terresteris) hidup di dalam tanah yang lembab, subur dan suhunya tidak rendah. Cacing-cacing ini keluar ke permukaan hanya pada saat tertentu.
e.       Peranan
Dalam bidang pertanian, cacing menghancurkan bahan organik sehingga memperbaiki aerasi dan struktur tanah. Akibatnya lahan menjadi subur dan penyerapan nutrisi oleh tanaman menjadi baik. Keberadaan cacing tanah akan meningkatkan populasi mikroba yang menguntungkan tanaman.
Cacing tanah dalam aktivitasnya dapat mengeluarkan lendir yang nantinya lendir tersebut dimakan oleh mikroorganisme sehingga keberadaan cacing di dalam tanah dapat memberikan makan bagi mikroorganisme tanah. Cacing tanah tidak makan vegetasi hidup,tetapihanya makan bahan organic mati,baik sisa-sisa hewan maupun tumbuhan.

Bahan organik dan tanah halus yang dimakan kemudian dikeluarkan sebagai kotoran (ekskresi) atau casting yang berupa agregat-agregat berbentuk granular dan tahan terhadap pukulan-pukulan air hujan,serta banyak mengandung unsure hara yang siap tersedian bagi tanaman. Cacing tanah mengaduk tanah dan memperbaiki tata udara tanah sehingga infiltrasi air menjadi lebih baik dan lebih mudah ditembus oleh akar.

0 comments:

Post a Comment