Friday 27 March 2015

Mekanisme Kontraksi Otot Secara Fisiologis


(Gambar di ambil dari Buku Campbell.2012'; hal. 1123)
Penjelasan:

1. Asetilkolin (Ach) dilepaskan oleh terminal sinapsis (akson terminal) berdifusi melintasi celah sinaps dan berikatan dengan protein reseptor pada membran plasma serat otot. Hal ini akan memicu potensial aksi yang akan merambat sepanjang membran plasma.
2. Potensial aksi yang merambat tadi, akan menuruni tubulus (perhatikan tanda panah merah)
3. ketika potensial aksi yang terdapat pada tubulus T melewati Retikulum sarkoplasmik. Hal ini akan menyebabkan permeabilitas membran sarkoplasmik berubah sehingga melepaskan ion Ca2+ ke bagian sitosol melalui mekanisme transpor aktif dengan bantuan protein transpor yang terdapat pada membran RS.
4. Ion Ca2+ akan berikatan dengan kompleks troponin (bulat berwarna ungu) menyebabkan perubahan konformasi tropomiosin (benang berwarna abu-abu) sehingga sis pelekatan aktin akan mengarah/terorientasi ke miosin). Sehingga miosin dapat melekat pada sisi pelekatan aktin.
5. Pelekatan miosin dengan sisi filamen aktin membentuk Cross-bridge (jembatan silang/kaitan silang). 
5.1. Pergerakan kepala miosin saat menggeser filamen aktin membutuhkan hidrolisis ATP sehingga oto dapat berkontraksi.
6. Ca2+ didalam sitosol akan dipindahkan kembali ke dalam RS dengan mekanisme transpot aktif. Hal akan menyebabkan berkurangnya akumulasi ion Ca2+ di sitosol dan memungkinkan otot dalam fase relaksasi karena ion Ca2+ tidak berikatan dengan troponin. 
Sumber Utama : Campbell, dkk. 2012. Biology 10th Edition. New York: Pearson Publishing.

1 comments:

  1. KADPIN88: Slots, Live Dealer, Table Games - Kadangpintar
    KADPIN88.com - Your new online casino and poker room! Our new poker room 온카지노 도메인 offers some of the best tournaments online in Asia!

    ReplyDelete