Sunday 30 March 2014

deskripsi tanaman gymnospemae

Nama : Adzhar Arsyad
Nim    : 121 404 1004
Kelas   : pendidikan Biologi

A. Melinjo (Gnetum gnemon)
HABITUS:
Habitus dari tumbuhan melinjo berupa pohon dengan ketinggian mencapai ±15 meter.
BATANG :
Tumbuhan melinjo memiliki  batang yang berbentuk bulat (Teres) , berwarna hijau tua pada batang yang masih muda dan berwarna coklat pada batang yang sudah tua.
 System percabangan batang simpodial dan ortotrof, dengan cabang plagiotrof
DAUN :
Memiliki daun yang termasuk daun tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai dan helai daun.  Bentuk helaian daun oblongus. Memiliki apeks yang meruncing dan pertulangan daun yang yang menyirip (Penninervis) Duduk daun berhadapan (folia opposite)

BUNGA :
Termasuk bunga dioceus,  terdapat pada bulir dalam percabangan dichasium. Terletak pada ketiak daun (axillaris), terdapat brachtea pada tiap karangan.
B. Pakis haji (Cycas Rumphii)

HABITUS :
Berupa pohon dengan ketinggian dapat mencapai 6 meter.
BATANG :
Batangnya tidak bercabang, bentuk percabangannya monopodial, batang berbentuk bulat (teres), arah pertubuhan  tegak lurus (erectus), permukan batang kasar berwarna coklat kehijaun, pada kult batang terdapat saluran lendir.

DAUN:
Daun merupakan daun tunggal, bangun daunnya berbentuk  berbagi menyirip (pinnatipartitus),tulang daun sejajar (rectinervis), tepi daun rata (integer), duduk daun roset batang.

BUNGA:
Bunganya  termasuk tumbuhan berkelamin terpisah berumah dua (unisexualis dioecus) ,  strobilus betina berbentuk seperti keris, terdiri dari dua ovulum atau lebih tedapat pada tepi permukaan carpellum.



C. Cemara kipas ( Thuja Orientalis )
HABITUS :
Berupa pohon yang dapat mencapai ketinggian lebih dari 5 meter.

BATANG :
Tanaman cemara kipas (Thuja orientalis) yaitu mempunyai batang tegak, bulat, bercabang banyak, permukaan kasar, dan berwarna coklat.




    Gambar
DAUN:
Tanaman cemara kipas (Thuja orientalis) yaitu, mempunyai cabang daun yangmengerucut ke samping, bersisik, dan membentuk kipas Daun tanaman cemara kipas termasuk mempunyai daun majemuk, pipih, , dan berwarna hijau tua.





D. Damar laki laki (Araucaria cunninghamii)
HABITUS:
Berupa pohon yang mencapai ketinggian 5 meter.

BATANG :
memiliki batang yang tidak bercabang atau disebut monopodial, berbentuk bulat (Teres) serta memiliki duri yang merupakan duri sejati. Memiliki cabang plagiotrof.




DAUN:
Memiliki daun yang berbentuk  paku atau dabus (subulatus)














E. Bunga dollar (Zamia curcas)






















0 comments:

Post a Comment