Sunday 6 April 2014

Kambium Pembuluh

BAB X
KAMBIUM PEMBULUH
Kambium pembuluh adalah meristem yang menghasilkan jaringan pembuluh sekunder. Ditinjau dari posisinya pada tubuh tumbuhan , kambium pembuluh dikenal sebagai meristem lateral. Pada tumbuhan paku dan sejumlah besar tumbuhan monokotil tidak terdapat kambium pembuluh . pada dikotil basah, kegiatan kambium pembuluh berkurang atau tidak tampak.
Struktur kambium pembuluh
Sel kambium pembuluh memiliki vakuola yang besar dan terdiri atas dua macam sel pemula fusiform dan pemula jari-jari empulur.
Pemula fusiform:
-          Tampak prisma ditengah dan meruncing kedua ujungya . ujung sel tampak meruncing pada penampang tangensial dan pada sayatan radial tampak membulat.
-          Membentuk sistem tegak atu aksila di daerah kambium pembuluh.
-          Seluruh sistem tegak berasal dari pemula fusiform.
Pemula jari-jari empulur:
-          Berbentuk agak memanjang, namun hampir isodiametris pula.
-          Membangun sistem radial. Jadi, semua sistem datar berasal dari pemula jari-jari empulur.
-          Ada yang berseri satu, seperti pada coniferae dan ada yg berseri banyak atau multiseriat.

Kambium pembuluh membelah tangensial menghasilkan dua sel. Salah satu anak sel akan berdeferensiasi menjadi sel xilem dan floem ke arah dalam, sedangkan anak sel lainnya membelah lagi membentuk turunan ke arah floem. Akan tetapi , jumlah turunan yand dibentuk ke arah xilem jauh lebih besar daripada ke arah floem. Yang akan menyebabkan lapisan kayu sekunder lebih tebal daripada floem. Jadi, pembentukan xilem dan floem tidak perlu terjadi secara bergantian.

0 comments:

Post a Comment