Saturday 31 January 2015

Kompetisi Interspesifik (Interspesific competition)


kompetisi Interspesifik Melibatkan Dua Spesies Atau Lebih
Hubungan yang memberikan pengaruh pada populasi dari dua atau lebih spesies dengan kurang baik (- -) adalah kompetisi interspesifik. Dalam kompetisi interspesifik, seperti kompetsi intraspesifik, individu mencari keadaan yang baik dengn persediaan yang terbatas. Tapi pada kompetisi Interspesifik, individu terdiri dari dua spesies atau lebih. Kedua jenis kompetisi mungkin berada pada tempat secara serentak. Pohon yang berganti daun di hutan di bagian timur America, contohnya tupai abu abu bersaing diantara mereka sendiri dalam memperoleh biji selama setahun ketika pohon oak menghasilkan lebih sedikit biji. Pada waktu yang sama, tikus berkaki putih, rusa berekor putih, keledai liar, dan burung jay bersaing dalam memperoleh makanan. Karena kompetisi, satu arau lebih spesies yang ada mungkin meluaskan dasar usaha mereka dalam mencari makan.
Seperti kompetisi intraspesifik, kompetisi interspesifik mengambil dua bentuk ; ekspolitasi dan interference. Sebagai sebuah alternatif  ini percabangan klasifikasi sederhana dari interaksi kompetisi., Thomas Schoener dari Universitas California, Davis Mengajukan 6 tipe interaksi yang merupakan contoh dari kompetisi Interspesifik : (1) konsumsi, (2) preemption, (3) overgrowth, (4) interaksi kimiawi, (5) territorial, dan (6) encounter.
Kompetisi memakan terjadi ketika individu dari satu spesies menghalangi individu lain untuk berbagi makanan, seoerti kompetisi diantara berbagai macam spesies hewan untuk biji. Kompetisi preemptive terjadi terutama diantara organisme sesil, seperti kerang, remis , dimana kedudukan oleh satu individu menghalangi kekuasaan spesies laiinya. Kompetisi overgrowth terjadi ketik satu organisme secara harfiah tumbuh melebihi yang lain (dengan atau tanpa kontak fisik), menghambat akses pada beberapa sumber esensial. Sebuah contoh dari interaksi ini adalah ketika pohon yang lebih tinggi menaungi pohon yang berada dibawahnya, memungkinkan kekurangan cahaya. Dalam interaksi kimia, senyawa kimia penghambat pertumbuhaan atau racun dikeluarkan oleh individu menghambat atau membunuh spesies yang lain. Allelopati pada tumbuhan, yang memproduksi zar kimia oleh beberapa tumbuhan menghambat perkecambahan dan keberadaan spesies yang lain, contoh dari tipe interaksi spesies. Kompetisi territorial akibat dari tingkah laku mengesklusi lainnya dari tempat spesifik yang dipertahankan sebagai territory. Kompetisi encounter akibat ketika wilayah nonterritorial mempertemukan diantara dua individu yang secara negative mempengaruhi satu sama lain dari spesies yang ada. Variasi spesies dari burung pemakan bangkai memperebutkan bangkai hewan yang telah mati yang tersedia adalah sebuah contoh dari tipe interaksi ini.

Sumber : (Thomas M Smith and Robert Leo Smith. 2012. Element Of Ecology Eight Edition. USA: Pearson Education, Inc., publishing as Pearson Benjamin Cumming. Halaman : 251 - 253) 

0 comments:

Post a Comment