Tuesday 30 December 2014

Klasifikasi makhluk hidup secara umum

Klasifikasi adalah memilah organisme hidup sesuai dengan fitur-fitur umum.
Sistem klasifikasi:


      Kelompok terbesar adalah Kerajaan, Kerajaan dibagi menjadi Filum yang dibagi menjadi Kelas yang dibagi menjadi perintah yang dibagi menjadi keluarga yang dibagi menjadi genera yang dibagi menjadi spesies
spesies:
     Sekelompok organisme yang memiliki karakter yang sama dan dapat berkembang biak bersama-sama berhasil menghasilkan keturunan yang subur hidup.
Seperti kita turun sistem klasifikasi, organisme nomor penurunan. Sistem ini dapat hafal kata "KPCOF" tapi jangan lupa mendapatkan menambahkan genus dan spesies di akhir.

Binomial Sistem:
Setiap organisme memiliki dua nama yang ditulis dalam bahasa Latin, nama pertama adalah nama genus itu milik dan nama kedua adalah nama spesiesnya. Ini adalah sistem binomial. Namun, kami tidak hanya menulis nama seperti yang kita lakukan biasanya, ada aturan tertentu yang harus diikuti untuk menulis nama latin:
  • Nama genus harus dimulai dengan huruf besar.
  • Nama spesies harus dimulai dengan huruf kecil.
  • Kedua nama harus ditulis dalam Miring atau jika Anda tidak bisa menulis dalam huruf miring hanya Underline nama.
  • Sebagai contoh, kita manusia milik genus Homo dan spesies kita sapiens. Jadi nama ilmiah yang benar manusia adalah Homo sapiens, Atau H. sapiens untuk pendek. Contoh lainnya:

  1. Serigala: Canis lupus
  2. Zebra: Equus burchelli
  3. Lion: Panthera Leo

VIRUS
      Virus tidak diklasifikasikan ke dalam kerajaan karena tidak dianggap sebagai organisme hidup karena tidak dapat mereproduksi sendiri. Mereka sangat kecil dan diukur dalam nm (nanometer), mereka hanya bisa dilihat melalui mikroskop elektronik. virus A memiliki selubung protein sekitarnya, dan materi genetik di dalamnya (RNA atau DNA).

Virus tidak dianggap sebagai organisme hidup karena mereka tidak memiliki salah satu dari tujuh karakteristik, kecuali bahwa mereka berkembang biak dengan replikasi, tapi itu hanya terjadi di dalam sel inang.Virus menyerang manusia dengan langkah-langkah berikut:
  1. Virus menempel diri ke sel dan menyuntikkan materi genetik ke dalamnya
  2. Virus mereproduksi lebih dari diri dengan replikasi
  3. Virus terus mereplikasi sampai semburan sel
  4. Virus baru keluar dan membunuh sel-sel lainnya

kingdom bakteri :
Bakteri adalah organisme bersel tunggal yang hidup di mana-mana di bumi. Hal ini hanya bisa dilihat oleh mikroskop
Struktur bakteri:
  • Dinding sel: Ini terbuat dari zat yang disebut peptidoglikan, yang berisi glikogen dan gula.
  • Membran sel: Melindungi bakteri dari meledak ketika terlalu banyak air hadir dan memberikan bentuknya.
  • Sitoplasma: Ini di mana kromosom disimpan dan menyimpan butiran dari berbagai bahan.
  • Kromosom: Sebuah untai DNA tunggal melingkar, berisi gen bakteri.
  • Lendir Kapsul: Ini adalah fitur tambahan yang tidak hadir di semua bakteri, itu dibuat oleh bakteri ketika kondisi eksternal tidak menguntungkan.
  • Flagela: Ini adalah fitur tambahan yang tidak hadir di semua bakteri, membantu dalam bergerak dan berenang.

Adaptasi: 
Bakteri telah berhasil beradaptasi diri untuk bertahan hidup dalam berbagai kondisi Mereka mendapatkan makanan mereka dengan berbagai metode:
  • Bakteri autotrofik: Mereka membuat makanan mereka sendiri dengan fotosintesis.
  • Bakteri heterotrofik: Mereka memakan siap membuat makanan, mereka tidak dapat membuat mereka sendiri.

Ada tiga jenis bakteri heterotrofik, yaitu:
  1. Bakteri saprofit: Mereka enzim rahasia yang bahan organik digest mati zat terlarut sederhana yang bakteri memakan, sehingga menyebabkan dekomposisi.
  2. Bakteri mutualistik: ini hidup di akar tanaman, mereka menggunakan Nitrogen dalam rongga udara antara tanah untuk mengubahnya menjadi nitrat ion yang mereka makan.
  3. Bakteri Patogen: Ini adalah parasit, mereka menyebabkan penyakit pada tanaman dan hewan.

Bakteri juga mereproduksi sangat cepat dengan pembelahan biner memproduksi berbagai keturunan dalam waktu singkat.  Beberapa bakteri memiliki flagela yang sangat berguna untuk gerakan dan berenang. 

KINGDOM FUNGI:
      Jamur adalah organisme multiselular, kecuali ragi yang merupakan jamur uniseluler. Beberapa jamur tidak terbuat dari sel, melainkan benang mikroskopis yang disebut hifa.
Ada dua jenis hifa:
  1. Hifa reproduksi: Mereka membentuk spora yang melakukan reproduksi.
  2. Feeding hifa: Mereka membentuk jaringan yang tumbuh di atas atau melalui bahan makanan, mereka disebut miselium.

       Hifa tabung seperti, struktur mikroskopis, berisi sitoplasma yang berisi butiran glikogen, dan beberapa inti. Ini tidak berisi kloroplas tidak granula pati. Di tengah ada vakuola, dan hifa dikelilingi oleh dinding hifa yang kadang-kadang terbuat dari kitin. sejumlah besar hifa tumbuh bersama melalui apa pun jamur adalah makan untuk membuat jaringan percabangan yang disebut miselium.
Bagaimana Jamur Makan?
Jamur menggunakan proses yang disebut gizi saprotrophic untuk memberi makan diri. Hifa ini mengeluarkan enzim yang mencerna bahan organik mati atau kotoran hewan yang kemudian diserap oleh hifa yang akan digunakan oleh jamur.
Reproduksi  Jamur
Di beberapa titik jamur menghasilkan struktur reproduksi, jamur misalnya, yang menghasilkan ribuan spora kecil, ini kemudian tersebar ke daerah lain dan tumbuh menjadi miselium baru.
Adaptasi Jamur
Jamur yang disesuaikan untuk menjalankan fungsi mereka dengan mudah dengan cara berikut:
Mereka tumbuh miselium panjang hifa pada apa pun yang mereka makan, enzim rahasia yang mencerna apa jamur memakan. Mereka bisa tumbuh jamur tinggi dari jamur payung sehingga spora bisa secara luas disebarkan oleh angin atau serangga, sehingga mereka berkembang biak dengan cepat.
Mengapa Jamur tidak termasuk  Tanaman?
Dahulu kala, jamur digolongkan sebagai tanaman, tetapi dalam detail, jamur sebenarnya berbeda dengan tanaman, pertama, mereka tidak mengandung kloroplas dan mereka tidak mengalami fotosintesis. Kedua, dinding sel mereka (Dinding hifa) terbuat dari kitin tidak selulosa seperti pada tanaman. Ketiga, pasokan tambahan mereka gula disimpan sebagai glikogen tidak pati. Dan terakhir, mereka pemakan heterotrofik tidak Autotrophic seperti tanaman.

KINGDOM PLANTAE
        Tanaman adalah organisme multiseluler. Perbedaan utama antara mereka dan organisme lainnya adalah mereka pakan menggunakan fotosintesis, yaitu proses yang melibatkan membuat gula dari air dan karbon dioksida menggunakan energi sinar matahari. Tanaman hijau karena mengandung banyak klorofil yang pigmen hijau yang menangkap sinar matahari untuk fotosintesis, tanaman adalah organisme autotrof, mereka membuat makanan mereka sendiri. sel tumbuhan mengandung vakuola besar, inti, kloroplas dan dinding sel yang terbuat dari selulosa, dinding sel tidak hadir dalam sel-sel hewan.
        Kingdom plantae berisi beberapa filum yang berbeda, tapi kami akan membahas hanya salah satu dari mereka, yang tanaman berbunga atau Angiospermae.
       Ada dua jenis tanaman berbunga, monokotil dan dikotil (monokotil dan dikotil untuk pendek). Perbedaan utama antara kedua jenis adalah jumlah kotiledon pada biji mereka, monokotil hanya berisi satu kotiledon pada biji mereka sedangkan dikotil mengandung dua di mereka. Kotiledon adalah struktur yang tumbuh menjadi daun pertama setelah perkecambahan.
      Orang bisa membedakan antara dua kelas (monokotil dan dikotil) hanya dengan melihat fitur eksternal mereka Monocots memiliki bunga dengan jumlah bagian dibagi oleh tiga (tiga kelopak - enam daun dll), sedangkan dikotil memiliki jumlah bagian dibagi bunga oleh 4 atau 5 (4 kelopak - 10 daun dll)
Perbedaannya juga dapat mengatakan dengan melihat daunnya, Anda menemukan bahwa monokotil memiliki daun panjang tajam dengan urat paralel, dan dikotil memiliki daun dengan percabangan pembuluh darah.


KINGDOM ANIMALIA:
      Kerajaan hewan dibagi menjadi dua kelompok, vertebrata dan invertebrata. Untuk mempelajari kerajaan ini mempelajari tabel berikut.
Vertebrata Filum: Chordata

P.O.C = Tempat perbandingan
Cold Blooded = Poikilothermic - Warm Blooded = homeothermic.

FILUM INVERTEBRATA;
Arthropoda
Semua arthropoda telah bersendi kaki Semua arthropoda memiliki kerangka yang disebut eksternal KUTIKULA keras atau exoskeleton yang membungkus tubuh mereka.
Filum: Moluska:
Mereka memiliki tubuh yang lunak dan banyak memiliki cangkang keras
Filum: Annelida:
Beberapa memiliki kepala dan antena.Mereka memiliki kaki seperti struktur yang disebut chaetae yang membantu mereka bergerak. Tubuh mereka dibagi menjadi beberapa segmen

Filum: Nematoda:

  • Mereka adalah cacing seperti Annelida.  
  • Tubuh mereka tidak dibagi menjadi segmen
  • Tidak ada kepala yang jelas atau kaki
  • Tidak ada chaetae
  • Beberapa parasit yang hidup di sistem pencernaan
  • Beberapa hidup di tanah

2 comments:

  1. Blognya keren, bisa jadi sumber referansi sejuta umat biologi,, khususnya mereka yang mengerjakan laporan dan tugas dengan terdesak..
    sedikit saran akh, kalo nulis sumbernya di cantumkan yah, agar penulis yang pertama merasa di hormati dan akh pun menjadi lebih terhormat begitu.. :)

    ReplyDelete